Halaman

Senin, 16 Oktober 2017

Refleksi Perkuliahan ke-3: Gejala Filsafat



Refleksi Perkuliahan ke-3: Gejala Filsafat
Oleh : Trisylia Ida Pramesti

Perkuliahan filsafat ilmu ke-3 pada hari Selasa pukul 15.30 WIB dilakukan di gedung pasca baru. Perkuliahan Filsafat kali ini dimulai dengan tes jawab singkat berkenaan dengan gejala filsafat ilmu.
Pertanyaan pertama yaitu berkaitan dengan batuk, batuk gejala filsafatnya adalah disharmoni. Kedua gerakan tangan, gejala filsafatnya simbol. Ketiga, tidur gejala filsafatnya mitos. Karena ketika tidur seseorang tidak berpikir. Berpikir itu logos, maka lawan katanya mitos. Sehingga dari beberapa pertanyaan seperti di atas menunjukkan jika filsafat meliputi segala kehidupan kita. Karena jika kita menyebutkan suatu kata maka akan ada gejala dalam filsafatnya.
Senjutnya, Maju jalan gejala filsafatnya adalah determine, mengarahkan. Andai kata adalah fiksionism. Perkiraan adalah teleologism, yang dipopulerkan oleh Immanuel Kant. Tergantung situasi kondisi adalah relatif. Keharusan adalah absolutism. Yang baik adalah absolutism. Lupa adalah intuisionism. Ragu-ragu adalah skeptisism. Tak ada gejala filsafatnya adalah nihilism. Memakai “ism” berarti pusatnya.
Sesi selanjutnya yaitu pembahasan mengenai matafisik. Metafisik adalah apa yang ada disebaliknya. Misalkan ada benda yang berwarna hitam. Maka sejatinya benda itu warna sesungguhnya adalah selain hitam. Karena benda itu sebenarnya hanya memantulkan cahaya warna, macam-macam warna yang akan terlihat. Karena warna itu yang kita pikirkan, sedangkan yang kita pikirkan bukan yang warna itu. pemantulan cahaya yang tidak dimilikinya.
Selanjutnya yaitu sesi tanya jawab. Masing-masing kita membuat pertanyaan yang akan dijawab oleh Bapak Marsigit. Pertanyaan pertama dari Vidiya berkaitan dengan kemalasan dan rajin. Menurut Bapak rajin dan malas ini memiliki dunianya sendiri. yang baik misalnya ada kemalasan yang berguna, yaitu malas melakukan keburukan.
Pertanyaan selanjutnya yaitu berkaitan dengan bagaimana agar seseorang mengikuti pemikiran kita. Menurut Bapak, tidaklah harus mengikutu pemikiran seseorang. Bahkan Bapak mengatakan jika, pemikirannya jangan diikuti karena jika diikuti terus akan terjebak oleh mitos. Adanya Bapak di tengah-tengah kita hanya sebagai fasilitator saja.
Pertanyaan selanjutnya berkaitan dengan satu hal apa yang akan Bapak rubah. Bapak Prof. Dr. Marsigit mengatakan jika beliau tidak memiliki kapasaitas mengubah dunia itu. tetapi beliau mengingatkan agar dunia itu berpikir. Agar orang-orang itu berpikir. Jika dinaikkan ke tingkat spiritual harapannya orang-orang berada pada keadaan doa. Karena sebenar-benar hidup sedang berpikir.
Pertanyaan selanjutnya yaitu tentang cara menyelaraskan lisan dan pikiran. Jawaban beliau yaitu manusia memiliki banyak sumbu, tidak hanya sumbu x dan y saja. Sehingga ketika kita menatakan hanya lisan dan pikiran saja berarti baru dua sumbu saja yang diselaraskan. Padalah sumbu yang lain juga perlu diselaraskan. Misalnya sumbu pendengaran, tingkah laku, dan hati. Cara menyelaraskannya dengan hermeneutika yaitu proses yang siklik dan berkelanjutan. Karena hidup kita linier dan siklik. Linier karena waktu yang lalu tidak berulang. Berkelanjutan karena harapannya kita akan bertemu dengan hal kebaikan lagi.
Selanjutnya Bapak Prof. Dr. Marsigit menyampaikan berkaitan Renedescartes. Dimana dikisahkan Renedescartes mengalami mimpi yang tidak bisa dibedakan dengan yang nyata. Lalu jawaban yang meyakinkan yang mebedakan antara mimpi dan nyata adalah berpikir. Saya ada karena berpikir. Tetapi bahayanya yaitu berpikir seliar mungkin, sampai mengabaikan kuasa Tuhan. Sehingga sangat bahaya sekali. Jangan sampai pikiran kita mengalahkan keyakinan hati kita. Jawaban ini menjawab pertanyaan saudara Luthfi yang menanyakan mengapa kita hidup. Yaitu karena kita berpikir, jika dinaikkan dimensinya maka kita hidup untuk beribadah.
Pertanyaan berikutnya terkait kaitan antara filsafat dengan pendidikan matematika. Kaitannya filsafat gunanya untuk membongkar matematika tersebut. Sehingga terbagilah ada matematika murni dan kenyataan. Karena matematika terbagi menjadi dua. Yang perlu diperhatikan juga bagaimana anak kecil belajar matematika, sehingga dalam belajar matematika siswa perlu difasilitasi belajarnya melalui kegiatan.
Selanjutnya penjelasan terkait filsafat adalah refleksi. Refleksi menjawab tetang mengapa, bagaimananya juga. Berfilsafat dengan menggunakan pikiran. Termasuk perkuliahan ini, refleksi sangat penting dilakukan untuk menandakan bahwa kita telah berpikir.


















































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar